Thursday, March 28, 2019

Perempuan Dengan Enam Laki-Laki


Pra-Paskah 2019 - hari#20

Perempuan Samaria yang berbincang dengan Yesus dekat sumur itu pasti seorang yang cantik. Jika dibuat hiperbolik, ia adalah perempuan yang pandai merayu lelaki, seksi dan mempesona.

Betapa tidak. Ia sudah menaklukkan enam laki-laki dan kemungkinan akan menaklukkan lelaki ketujuh, kedelapan, kesepuluh, dan entah berapa lagi, hingga pada suatu siang yang terik Yesus menyapanya.

"Berilah Aku minum," pinta Yesus yang letih karena perjalanan. Perempuan itu kaget, karena baru kali itu ada orang Yahudi menyapanya dengan ramah. Perempuan itu masih heran hingga Yesus mendesaknya, "Sebagai gantinya, Aku akan memberi kamu air hidup."

"Air? Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam," kata perempuan itu. "Hmmm.. Jika kau minum air dari sumur ini, kau akan haus lagi, tetapi air dari-Ku akan memuaskanmu, kau tidak akan haus lagi selamanya," jawab Yesus.

"Oh, berikan aku air itu, Tuan, agar aku tak usah lagi datang kesini," pintanya seraya mengingat betapa tertekan jiwanya akibat menjadi pergunjingan. Ia memilih jam-jam yang sepi di siang bolong untuk menimba air. Baginya lebih baik kulitnya disengat terik matahari daripada disengat gosip para perempuan.

Yesus yang tahu kehidupan kelam perempuan itu lalu menanyakan suaminya. "Ah, aku tidak mempunyai suami," jawabnya menggoda. "Benar juga, lima orang suamimu yang terdahulu sudah tidak bersamamu, dan sekarang kau tinggal bersama laki-laki yang bukan suamimu..."

Jleb! Perempuan itu shocked. Bagaimana Orang di depannya ini bisa mengerti jiwanya yang tetap gersang walaupun sudah enam laki-laki hidup bersamanya? Di siang yang terik itu mukanya merah karena malu, tetapi ia tidak tersinggung walaupun Yesus menyentil ranah hidupnya yang paling privat.

Ia meninggalkan tempayan airnya lalu berlari pulang. Perjumpaannya dengan Yesus mengubah hidupnya hingga tanpa malu-malu ia bersaksi kepada orang sekampungnya atas apa yang ia alami.

Demikianlah Yesus membereskan dosa dengan cara-Nya yang sangat elegan. Perempuan itu mengecap air yang Yesus berikan, dan sesudah itu tak ada laki-laki ketujuh yang menghampirinya.

***
Serpong, 28 Mar 2019
Titus J.

No comments:

Colin Powell Who Firmed About His Calling

General Colin Powell was not only a successful military soldier, but also politician, diplomat, and statesman. In the 1995s, he was a pres...