Saturday, June 22, 2019

Baru 58 Tahun


Masih muda dirimu, Pak.
Bahkan jika waktu mengantarmu sepuluh tahun bahkan duapuluh tahun ke depan, kau akan tetap muda, sebab kemudaan bukan soal umur, bukan soal raga, tetapi soal semangat, soal pola pikir, soal kedewasaan, dan soal attitude.

Engkau bergerak tak kenal lelah, menapakkan kakimu dari Timur hingga Barat negeri ini, bahkan seandainya waktu dan tenagamu tak membatasi, niscaya tak sejengkal tanahpun di negeri ini yang tak kau jejaki, yang tak kau sambangi, hanya untuk menyapa rakyat, dan menularkan semangat optimisme itu, bahwa esok selalu ada harapan.

Masih muda dirimu, Pak.
Tetapi sudah banyak yang kau lakukan selama hampir lima tahun ini, dengan mencucurkan keringat, menahan pukulan, hinaan, dan segala jenis caci-maki, dari mereka yang tak menganggapmu ada.

Kau pernah berkata betapa masih banyak lagi keinginan dan cita-citamu yang ingin kau kerjakan, jika kau masih diberi kesempatan.
Tapi, Pak, belum cukupkah luka yang mencabik tubuhmu yang kerempeng itu? "Biarkan orang menghinaku, melukaiku, asalkan Indonesia selamat," katamu.

Hari ini orang-orang menyiapkan kue ulang tahun untukmu, tetapi engkau tampak begitu canggung, karena memang tak pernah kau rayakan hari jadimu, apalagi dengan kue ulang tahun dan lilin, sebab bagimu mensyukuri hidup bukan soal ritual tahunan, apalagi dengan pesta, atau dengan bentuk kemewahan lainnya.

Bagimu yang sederhana, umur adalah tanggungjawab, adalah pengabdian, adalah doa. Karena disitulah bertemunya kebajikan dan kearifan, yang mengajarkan betapa waktu dan kesempatan adalah anugerah-Nya semata. 
Bawalah kami menyusuri jalanmu untuk meraih mimpi, mimpimu, mimpiku, mimpi kita semua, yang selama ini tersembunyi dan tak pernah tergali.

Masih muda dirimu, Pak. 
Ah, seandainya kami menemukanmu sejak dulu...
Selamat ulang tahun..

Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young (Henry Ford)

***
Serpong, 21 Jun 2019
Titus J.

No comments:

Colin Powell Who Firmed About His Calling

General Colin Powell was not only a successful military soldier, but also politician, diplomat, and statesman. In the 1995s, he was a pres...